Sejarah Asal Usul Adzan

Sejarah Asal Usul Adzan

Assalamualaikum wr,wb.

Diambil dari dasar teori Sebab-akibat, Tarik menarik atau Karma hasanah (istilah saya), nah kita mengambil target yaitu adzan, sama seperti artikel saya yaitu Logika Menentang Agama? Yakin?. Saya terbitkan artikel tersebut karena artikel tersebut saya rasa untuk melengkapi Teori saya tentang Adzan (Untuk teorinya belum saya Terbitkan, masih dalam proses), nah. Begitujuga kali ini Sejarah Adzan juga perlu sahabat ketahui sebelum masuk ke Teori hasil penalaran saya. (ini hanya hasil penalaran), Oleh karenanya saya rasa cukup penting mengkaji kembali asal usul adzan itu, Berikut adalah sejarah Adzan yang saya kutip dari Wikipedia:
Lafal azan tersebut diperoleh dari hadis tentang asal muasal adzan dan iqamah:
Abu Daud mengisahkan bahwa Abdullah bin abbas berkata sebagai berikut: "Ketika cara memanggil kaum muslimin untuk salat dimusyawarahkan, suatu malam dalam tidurku aku bermimpi. Aku melihat ada seseorang sedang menenteng sebuah lonceng. Aku dekati orang itu dan bertanya kepadanya, "apakah ia bermaksud akan menjual lonceng itu? Jika memang begitu, aku memintanya untuk menjual kepadaku saja". Orang tersebut justru bertanya," Untuk apa?" Aku menjawabnya, "Bahwa dengan membunyikan lonceng itu, kami dapat memanggil kaum muslim untuk menunaikan salat". Orang itu berkata lagi, "Maukah kamu kuajari cara yang lebih baik? Dan aku menjawab, "ya" dan dia berkata lagi dengan suara yang amat lantang:
  • Allahu Akbar Allahu Akbar
  • Asyhadu alla ilaha illallah
  • Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah
  • Hayya 'alash sholah (2 kali)
  • Hayya 'alal falah (2 kali)
  • Allahu Akbar Allahu Akbar
  • La ilaha illallah
Ketika esoknya aku bangun, aku menemui Nabi Muhammad , dan menceritakan perihal mimpi itu kepadanya, kemudian Nabi Muhammad , berkata, "Itu mimpi yang sebetulnya nyata. Berdirilah disamping Bilal dan ajarilah dia bagaimana mengucapkan kalimat itu. Dia harus mengumandangkan adzan seperti itu dan dia memiliki suara yang amat lantang." Lalu akupun melakukan hal itu bersama Bilal." Rupanya, mimpi serupa dialami pula oleh Umar. Ia juga menceritakannya kepada Nabi Muhammad saw.
Setelah lelaki yang membawa lonceng itu melafalkan azan, dia diam sejenak, lalu berkata: "Kau katakan jika salat akan didirikan:
  • Allahu Akbar, Allahu Akbar
  • Asyhadu alla ilaha illallah
  • Asyhadu anna Muhammadarrasullulah
  • Hayya 'alash sholah
  • Hayya 'alal falah
  • Qod qomatish sholah (2 kali), artinya "Salat akan didirikan"
  • Allahu Akbar, Allahu Akbar
  • La ilaha illallah
Begitu subuh, aku mendatangi Rasulullah saw kemudian kuberitahu dia apa yang kumimpikan. Diapun bersabda: "Sesungguhnya itu adalah mimpi yang benar, insya Allah. Bangkitlah bersama Bilal dan ajarkanlah kepadanya apa yang kau mimpikan agar diadzankannya (diserukannya), karena sesungguhnya suaranya lebih lantang darimu." Ia berkata: Maka aku bangkit bersama Bilal, lalu aku ajarkan kepadanya dan dia yang berazan. Ia berkata: Hal tersebut terdengar oleh Umar bin al-Khaththab ketika dia berada di rumahnya. Kemudian dia keluar dengan selendangnya yang menjuntai. Dia berkata: "Demi Dzat yang telah mengutusmu dengan benar, sungguh aku telah memimpikan apa yang dimimpikannya." Kemudian Rasulullah saw bersabda: "Maka bagi Allah-lah segala puji."

Kejadian dalam hadits tersebut terjadi di Madinah pada tahun pertama Hijriah atau 622 M.
Berbicara tentang Asal dan usul kita tidak dapat terlepas dari sejarah, nah untuk sahabat yang belum mengetahui apa itu sejarah, silahkan ke artikel Filsafat Islam : Masa Laluku yang Tidak Pernah Terjadi (namun yang perlu kita ketahui bahwasanya pengertian atau definisi sejarah yang akan anda pelajari serta teori Adzan ini hanya semata Buah pemikiranku, jadi itu hak anda ingin menerima atau tidaknya pemaparan saya ini, karena kita Manusia sama-sama bisa berfikir)

Kita lanjut, sebagaimana yang kita ketahui secara umum bahwasanya sejarah adalah Peristiwa yang telah terjadi. oleh karena itu satu kutipan di atas saya rasa sudah cukup untuk menjelaskan Sejarah Adzan, namun tidak ada salahnya sahabat lebih mengkaji sejarahnya lagi.

Setelah kita ketahui sejarah Adzan ini sebenarnya kita sudah dapat langsung masuk ke Teori Adzan yang saya maksud kemaring-kemaring, namun apa daya aku hanya hamba yang terbatas ruang dan waktu, oleh karenanya saya ucapkan : Sampai bertemu di artikel berikutnya "Habis nafas jemari ini untuk mengitik Kata, hehe"

Wassalamualaikum wr,wb.

10 komentar

Baru tau ane mas asal-usulnya, Thanks sob atas infonya :D

haha begitulah shob, iya semoga bermanfaat :ngakak

sejarah merupakan hal yang melatar belakangi bagaimana hal itu terjadi. nice share gan menambah wawasan keagamaan saya mantap

makasih gan infonya,ane cuman tahu sejarah azan yang mengumandangkan azan pertama kali adalah bilal orangnya berkulit hitam :malu

iya gan begitulah hehe :ngakak masih banyak sejarah yang perlu kita kaji haha

Makasih bro :shakehand

Wah betul skali saudara, hehe :iloveindonesia
iya semoga bermanfaat

Komentar Anda di rwblog.id adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon